Beauty

[Beauty][bsummary]

Health

[Health][bsummary]

Fashion

[Fashion][bsummary]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

Celebrity

[Celebrity][bleft]

Parenting

[Parenting][bsummary]

Community

[Community][bsummary]

Enterpreuner

[Enterpreuner][twocolumns]

Culinary

[Culinary][bsummary]

Travelling

[Travelling][twocolumns]

Rupa-rupa Manfaat Gula Jawa untuk Kesehatan



FEMINIA-Selama ini gula Jawa atau gula merah hanya dianggap sebagai sekadar pemanis makanan atau minuman.

Namun tahukah Anda kalau ternyata gula Jawa juga punya khasiat kesehatan?

Gula jawa adalah gula yang dihasilkan dengan pengolahan secara tradisional dari cairan pohon aren (gula aren).

Gula yang dihasilkan tidak murni. Warnanya kuning tua hingga kecoklatan dan selalu ada rasa sampingan yang sering berbau harum dan terasa enak, sehingga gula jawa dalam pengobatan lebih disukai daripada gula kristal pabrik yang lebih murni.

Mengutip buku Petunjuk dan Saran Pengobatan Tradisional Tanaman Berkhasiat Indonesia dari J. Kloppenburgh-Versteegh, dibanding pemanis lainnya, gula jawa tergolong sehat untuk dikonsumsi dan bermanfaat. Gula jawa yang bermanfaat memiliki kandungan vitamin C, kalium, fosfor, magnesium, kalsium, dan zat besi di dalamnya.

Selain itu, ada pula kandungan sejumlah zat filonutrien seperti polifenol, flavonoid, antosianin serta antioksidan. Zat-zat filonutrien tersebut dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menambah energi pada tubuh, serta menangkal zat kanker.

Berikut khasiat gula Jawa:

1. Atasi ngompol pada anak

Anak yang baru berusia satu hingga lima tahun dapat diberi obat berupa ramuan yang terbuat dari tujuh biji duwet yang dihancurkan dengan sedikit gula jawa dan direbus dalam dua cangkir air sampai airnya tersisa setengah. Ramuan ini cukup ampuh untuk mengatasi ngompol.

2. Mengobati bisul

Untuk 'mematangkan' bisul, oleskan racikan kembang telang biru yang ditumbuk dan tambahkan gula jawa pada area yang sakit.

3. Gangguan perut pada anak yang menyusu

Ambillah tujuh lembar daun waru lengis muda, lalu remas dengan satu gelas air sehingga menjadiseperti selai. Tambahkan gula jawa dengan takaran sebesar biji kacang. Lalu saring ramuan ini dengan kain dan berikan pada anak. Ulangi pemberian ramuan ini hingga sembuh.

4. Obat merangsang nafsu makan

Anak yang sering demam dan tidak mempunyai nafsu makan dapat diberi bubur yang dibuat dari perut umbi temu lawak yang dicampurkan dengan air dan rebus serta gula merah. Biarkan sampai mengendap.

5. Mengobati suara serak

Gunakan segenggam daun randu yang ditumbuk halus lalu saring dan tambahkan gula jawa. Embunkan selama beberapa waktu. Ramuan ini sangat baik untuk mengatasi suara serak dan batuk.

6. Obat batuk

Setiap hari, makanlah tiga buah pace (mengkudu) yang diperas melalui kain dan ditambah sedikit gula aren/gula jawa agar rasanya enak.

7. Mengobati demam usai melahirkan

Minumlah asam lawak sebesar telur burung dara dengan air dan gula merah. Asam bekerja sebagai pencahar dan merangsang sirkulasi darah ke bagian bawah tubuh.

8. Obat pencahar

Obat pencahar yang baik dan tidak berbahaya adalah buah pruim yang dibakar dan diberi gula aren.

9. Melancarkan buang air besar

Jika mengalami masalah mengejan keras saat buang air besar, minumlah seduhan beberapa batang tanaman patikan cina lengkap dengan akarnya serta gula merah.

10. Mengobati sariawan dalam mulut pada anak

Ambil segenggam bunga belimbing wuluh lalu rebus dalam sedikit air dengan gula merah sampai kental. Tambahkan sedikit brandewijn. Taruh sedikit sirup pada sepotong kain dan besihkan mulut anak dengan kain tersebut.

11. Mengatasi jerawat batu

Buatlah seperti adonan bubur dari sabun, gula ren, dan asem lawak. Lalu olekan ke area jerawat.

(mr/cnn)