Beauty

[Beauty][bsummary]

Health

[Health][bsummary]

Fashion

[Fashion][bsummary]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

Celebrity

[Celebrity][bleft]

Parenting

[Parenting][bsummary]

Community

[Community][bsummary]

Enterpreuner

[Enterpreuner][twocolumns]

Culinary

[Culinary][bsummary]

Travelling

[Travelling][twocolumns]

Ketika Nicholas Saputra Bicara Soal Dapur Masak



FEMINIA-Dapur jadi salah satu bagian terpenting di rumah, termasuk buat aktor Nicholas Saputra. Mengingat fungsinya sebagai ruangan di mana Anda membuat dan menyimpan makanan, tempat satu ini jangan dipandang sebelah mata.

Peran dapur dalam kehidupan sehari-hari juga menjadi perhatiannya. Pasalnya, menurut Nicholas, dapur adalah tempat di mana banyak aktivitas penting dilakukan seperti memasak, menyimpan makanan, serta mencuci bahan makanan yang akan dikonsumsi.

Dengan dapur yang nyaman, maka kegiatan memasak dan mengolah makanan bisa jadi lebih menyenangkan.

"Pertama, dapur itu memang menurut saya penting diperhatikan karena ini [tempat di mana] aktivitas yang paling sering di rumah," kata Nicholas Saputra dalam acara opening Miele, di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/6).

Bagi Anda yang tak terbiasa di dapur tapi mulai ingin mengeksplorasi bagian ini, ada baiknya Anda coba mulai dengan membuat dapur lebih nyaman.

Berikut tips membuat dapur lebih nyaman ala Nicholas Saputra.

1. Buat desain yang sesuai

Bagi yang baru mencoba mengeksplorasi ruang satu ini, coba perhatikan posisi dan alur di dapur.

Apakah desain dapur saat ini membuat Anda harus bolak-balik saat mengambil makanan, mencucinya, memotongnya, hingga memasaknya? Jika iya, mungkin harus ada sedikit perombakan di dapur Anda.

"Desain dapur itu ada flow-nya. Jadi ada triangle flow di mana mulai dari kita mengambil bahan makanan, mencuci, potong-potong, dan masak, itu adalah segitiga yang enggak boleh dijadiin tempat orang lewat," kata pemeran Rangga di film Ada Apa dengan Cinta? itu.

Membuat flow dapur yang tepat akan memudahkan proses memasak dan jadi lebih efisien. Desain yang tepat juga akan membuat dapur lebih nyaman, kegiatan memasak pun jadi lebih menyenangkan.

"Kalau kita mau ambil bahan itu enggak boleh terganggu [orang lewat atau benda], flow geraknya mesti enak," ucapnya.

2. 'Kenali' alat masak

Biasanya, orang enggan berada di dapur karena tak familiar dengan alat memasak. Maka dari itu, mengenal alat memasak bisa membuat proses memasak jadi lebih mudah dan menyenangkan.

Pilih alat memasak dengan desain yang sesuai dengan Anda. Jika suka dengan sentuhan natural, mungkin Anda harus pakai pisau dengan gagang kayu. Sementara jika ingin minimalis desain, bisa pilih pisau bergagang stainless atau yang berwarna hitam.

"Harus kenal betul cara memakainya sehingga bisa maksimal saat digunakan," kata Nicho.

3. Pilih kulkas yang baik

Selain desain yang pas, pria yang akrab dipanggil Nicho ini juga menyarankan agar memilih kulkas kualitas terbaik untuk dapur Anda.

"Yang paling penting buat saya adalah refrigerator atau kulkas yang bagus. Karena di sini tempat menyimpan bahan baku makanan," ujarnya.

"Apalagi kalau kulkas itu, kadang bocor, listrik naik turun, jadi ada masalah. jadi pastikan kulkas itu harus yang sangat baik supaya mendukung apa yang mau kita makan," ucap Nicho.

Kulkas yang baik akan membantu makanan jadi lebih tahan lama. Selain itu, kulkas yang baik juga akan tetap kering di luar sehingga tak membuat dapur Anda lembab.

Pasalnya, dapur yang lembab membuat lebih banyak kuman dan bakteri berkembang biak di dapur.

4. Sirkulasi udara terjaga

Lebih lanjut, Nicho menyarankan dapur dengan exhaust agar sirkulasi udara terjaga dan wangi makanan tak menempel di perabotan rumah lainnya.

Tanpa exhaust, mungkin ini akan menjadi masalah. Apalagi, jika dapur Anda berdekatan dengan ruang tidur karena bau masakan bisa saja menempel pada sarung bantal atau selimut Anda.

Namun, jika dapur Anda memiliki sirkulasi udara yang baik, maka Anda bisa membuka jendela atau pintu dapur sebagai ganti exhaust. Penting untuk meletakkan ruang dapur dekat jendela yang menghadap luar ruangan agar ada sirkulasi udara yang baik.

"Diusahakan ada (exhaust) apalagi buat yang tinggal di tempat tertutup seperti apartemen atau tidak punya jendela, jadi bau makanan enggak nempel di rumah. Enggak mau kan ketika tidur ada wangi rendang?" tutur Nicholas.(mr/cnn)