Beauty

[Beauty][bsummary]

Health

[Health][bsummary]

Fashion

[Fashion][bsummary]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

Celebrity

[Celebrity][bleft]

Parenting

[Parenting][bsummary]

Community

[Community][bsummary]

Enterpreuner

[Enterpreuner][twocolumns]

Culinary

[Culinary][bsummary]

Travelling

[Travelling][twocolumns]

Hati-hati, 7 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Tubuh



FEMINIA-Menjalani kebiasaan dan gaya hidup sehat merupakan cara utama untuk menjaga tubuh. Namun tanpa disadari, masih banyak kebiasaan sehari-hari yang dijalani dan sebenarnya merusak kesehatan tubuh. Apa saja?

Berikut penjelasan para ahli terkait kebiasaan sehari-hari yang merusak tubuh, seperti dilansir Eat This, Not That!.

1. Terlalu banyak gula

Mengonsumsi terlalu banyak gula tambahan - yang paling sering kita temui melalui minuman manis dan makanan olahan - adalah salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan untuk tubuh Anda.

Gula tambahan meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan penambahan berat badan, serta melemahkan sistem kekebalan dengan meningkatkan peradangan.

Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan, perempuan di usia produktif memerlukan 2150-2250 kalori.

Sementara pria dewasa dengan rentang umur yang sama butuh lebih banyak lagi, yaitu 2625-2725 kalori per hari. Oleh karenanya, asupan gula dalam sehari berkisar 200-250 kalori.

Satu sendok makan gula pasir atau 15 gram adalah 60 kalori, sehingga total sehari sekitar 3-4 sendok makan.

2. Kesepian

Kesepian mungkin membuat Anda merasa rendah diri dan bersedih, tetapi sebenarnya membuat tubuh waspada.

Penelitian menunjukkan bahwa isolasi sosial menyebabkan respons stres inflamasi di seluruh tubuh yang dapat menghancurkan pertahanan Anda terhadap penyakit kronis.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Antioxidants and Redox Signaling, peradangan jangka panjang ini dapat menyebabkan perkembangan penyakit kardiovaskular, kanker, dan demensia-semua kondisi yang telah berulang kali dikaitkan dengan kesepian.

Berusahalah untuk berinteraksi orang lain sebanyak mungkin.

3. Tidak cukup bergerak

Tidak ada bagian dari tubuh Anda yang tidak dapat mengambil manfaat dari olahraga.

Olahraga dapat mengurangi risiko kanker, diabetes, demensia, hati berlemak, dan penyakit ginjal.

Oleh karena itu, untuk memperpanjang hidup Anda, bangun dan bergerak sepanjang hari sebanyak mungkin-bahkan sedikit aktivitas lebih baik daripada tidak sama sekali.

Tanpa disadari, masih banyak kebiasaan sehari-hari yang dijalani dan sebenarnya merusak kesehatan tubuh. Apa saja?

4. Tidak cukup tidur

Tidur merupakan waktu di mana sejumlah organ tubuh seperti otak, jantung, dan sistem kekebalan membersihkan hingga memperbaiki sendiri.

Oleh karenanya, jika Anda tidak mendapatkan kualitas tidur yang cukup, organ vital ini dapat rusak.

Kurang tidur telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, kanker, obesitas, diabetes tipe 2, dan demensia, di antara kondisi serius lainnya.

Lalu berapa yang cukup? Para ahli seperti National Sleep Foundation merekomendasikan agar setiap orang dewasa mendapatkan tujuh hingga sembilan jam tidur berkualitas setiap malam.

5. Terlalu banyak minum alkohol

Jika Anda terlalu banyak minum alkohol, ini dapat membuat fungsi tubuh mengalami penurunan.

Minum berat (didefinisikan sebagai lebih dari dua gelas sehari untuk pria, dan satu gelas sehari untuk wanita) dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular dan lebih dari 10 jenis kanker.

6. Stres

Saat Anda stres, otak Anda memompa keluar hormon stres kortisol, yang menghambat sel T, penanggap pertama darah melawan penyakit.

Menurut American Cancer Society, orang yang mengalami stres kronis lebih rentan terhadap pilek dan flu. Stres juga mungkin berperan dalam perkembangan penyakit jantung, kata American Heart Association.

Stres juga dapat memperburuk tekanan darah tinggi dan mendorong perilaku tidak sehat seperti makan berlebihan atau minum terlalu banyak alkohol.

Temukan cara sehat untuk mengatasi stres, termasuk olahraga, latihan relaksasi, dan meditasi.

7. Terlalu banyak garam

Asupan garam yang tinggi merupakan faktor risiko utama untuk tekanan darah tinggi, serangan jantung dan stroke. Untuk melindungi jantung dan otak Anda, periksa label Fakta Gizi dan beli produk dengan natrium sesedikit mungkin.(mr/cnn)