Beauty

[Beauty][bsummary]

Health

[Health][bsummary]

Fashion

[Fashion][bsummary]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

Celebrity

[Celebrity][bleft]

Parenting

[Parenting][bsummary]

Community

[Community][bsummary]

Enterpreuner

[Enterpreuner][twocolumns]

Culinary

[Culinary][bsummary]

Travelling

[Travelling][twocolumns]

10 Makanan Kaya Protein untuk Diet



FEMINIA-Mengonsumsi makanan yang mengandung protein untuk diet dapat membantu menurunkan berat badan dan membangun otot. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan asupan protein akan membuat seseorang kenyang lebih cepat dan tahan lama sehingga mengonsumsi kalori lebih sedikit.

Selain itu, asupan tinggi protein juga mempengaruhi metabolisme tubuh sehingga membakar kalori dan lemak lebih banyak. Konsumsi makanan tinggi protein ini setiap hari agar diet semakin optimal.

Berikut 10 makanan yang mengandung protein untuk diet

1. Jagung

Jagung berukuran 100 gram mengandung sekitar 15,9 gram protein dan 96 kalori. Jenis protein pada jagung dikenal dengan sebutan zein. Protein ini baik untuk diet.

2. Ikan

Ikan merupakan salah satu makanan yang tinggi protein. Ikan berukuran 100 gram biasanya memuat 20 gram protein. Beberapa ikan yang bisa dikonsumsi selama diet dengan kandungan protein tinggi yaitu salmon, tuna, lele, bandeng hingga cakalang.

3. Kacang Polong

Kacang-kacangan merupakan jenis makanan ringan yang bisa dijadikan camilan diet yang sehat. Kacang polong diperkaya serat dan protein yang bisa membuat perut kenyang sehingga mengurangi asupan kalori.

4. Almond

Masih dari kerluarga kacang-kacangan, almond juga termasuk makanan yang mengandung protein untuk diet. Satu ons kacang almond memiliki 3,5 gram serat, 6 gram protein, 14 gram lemak, dan vitamin E.

5. Brokoli

Brokoli adalah genus Brassica oleracea, masih satu keluarga dengan kubis, kangkung, serta kembang kol. Protein pada satu cangkir brokoli mengandung 96 gram protein dan 31 kalori. Brokoli untuk diet bisa dimasak dengan cara direbus, dikukus atau ditumis.

6. Telur

Telur merupakan makanan tinggi protein dan rendah kalori. Sebutir telur mengandung 6 gram protein dan 78 kalori. Kandungan protein paling tinggi terdapat di bagian putih telur.

Cara terbaik mengolah telur sebagai makanan untuk diet yaitu dengan direbus. Apabila ingin menggorengnya bisa gunakan sedikit minyak zaitun, minyak canola atau minyak almond.

7. Keju Cottage

Keju cottage adalah jenis keju yang paling tinggi protein. Keju cottage berukuran 110 gram, mengandung 12 gram protein.

Protein pada keju cottage dapat menimbulkan rasa kenyang. Tak heran jenis keju ini sering direkomendasikan untuk diet sebagai campuran menu makanannya.

8. Kedelai

Kacang kedelai termasuk olahannya seperti tahu dan tempe kaya akan protein, asam amino, vitamin, dan mineral yang baik untuk diet.

Olahan kedelai ini sebaiknya dikonsumsi dengan cara dikukus atau direbus dan hindari digoreng supaya tidak menimbulkan lemak jenuh.

9. Dada Ayam

Dada ayam juga masuk kategori makanan tinggi protein yang paling digemari sebagai menu diet dan pembentukan otot tubuh.

Dilansir dari Healthline, dada ayam memiliki kandungan protein sebesar 53 gram dan mempunyai 284 kalori.

10. Greek Yoghurt

Greek yoghurt atau yoghurt Yunani mengandung protein untuk diet serta rendah kalori. Yoghurt ini memiliki tekstur lebih kental dan lembut dibanding yoghurt lainnya karena mengalami tiga kali proses penyaringan. Nikmati Greek yoghurt dengan campuran apel atau stroberi.

Itulah makanan yang mengandung protein untuk diet. Masukkan makanan tinggi protein ini dalam menu harian Anda.(mr/cnn)