Beauty

[Beauty][bsummary]

Health

[Health][bsummary]

Fashion

[Fashion][bsummary]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

Celebrity

[Celebrity][bleft]

Parenting

[Parenting][bsummary]

Community

[Community][bsummary]

Enterpreuner

[Enterpreuner][twocolumns]

Culinary

[Culinary][bsummary]

Travelling

[Travelling][twocolumns]

Yuk Teduhkan Rumah dengan Tanaman Hias Pisang-pisangan

FEMINIA-Tanaman hias jenis pisang-pisangan termasuk tanaman yang bisa jadi pilihan untuk mempercantik halaman rumah.

Tanaman hias pisang-pisangan bukanlah tanaman pisang yang buahnya bisa dimakan, melainkan tanaman yang daunnya menyerupai pohon pisang dengan ukuran yang lebih kecil.

Kelebihan tanaman pisang-pisangan yakni bisa membuat rumah jadi lebih asri dan teduh. Selain itu, pohon ini cocok menjadi pagar hidup ataupun pembatas pekarangan.

Apabila Anda tertarik, ada sejumlah jenis tanaman hias pisang-pisangan yang bisa dipilih dan beberapa di antaranya juga bisa ditanam dalam pot untuk diletakkan indoor. Berikut ulasannya.

1. Calathea Lutea

Calathea Lutea merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Selatan seperti Meksiko, Brazil dan Peru. Calathea Lutea juga dikenal sebagai Cuban Cigar atau Pampano.

Calathea Lutea memiliki bentuk daun menyerupai pisang, dengan bentuk daun oval lebar serta tangkai panjang. Pada dasar daun terdapat guratan sehingga daun terlihat kokoh dan berwarna keperakan pada bagian bawah.

Daun calathea lutea mampu mengubah bentuknya di pagi dan sore hari. Pada pagi hari helai daun cenderung datar dan rata sementara pada malam hari bentuk daun menyusut seperti terlipat dua.

Merujuk Planter and Forester, Calathea lutea sendiri mampu tumbuh setinggi 3 meter. Membuatnya ideal ditanam pada pekarangan rumah dan cocok sebagai pagar hidup maupun diletakkan dalam rumah.

Calathea tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari teduh dan disiram secukupnya setiap hari. Agar daun selalu mengilap, Anda harus rutin mengelap daun-daunnya dengan kain sedikit basah.

2. Blood Banana

Blood banana atau yang dikenal dengan nama ilmiah Musa Zebrina merupakan jenis tanaman hias pisang-pisangan asli Indonesia.

Dinamakan blood banana karena terdapat bercak berwarna merah gelap yang tersebar di seluruh bagian daun.

Bentuk daunnya oval lebar dan panjang dengan batang yang juga berwarna merah. Blood banana dapat tumbuh hingga hampir 2 meter.

Perawatan blood banana terbilang mudah. Blood banana menyukai sinar matahari langsung agar warna bercak merah pada daunnya menjadi cerah.

Beri pupuk setiap minggunya. Blood banana membutuhkan nutrisi tambahan dalam jumlah besar untuk tumbuh dengan baik. Siram tanaman hingga tanah terasa lembap.

3. Bunga Tasbih (Canna Lily)

Bunga tasbih atau disebut juga canna lily adalah tumbuhan tropis yang sering ditanam di pekarangan maupun taman-taman kota. Tanaman canna termasuk dalam ordo Zingiberalis, bersama tanaman pisang.

Tanaman canna cenderung cepat tumbuh dan mudah dirawat dalam berbagai kondisi. Pohonnya tegak dengan daun lebar dan menyirip, serta bunga yang besar dan cerah membuatnya banyak disukai oleh pemilik rumah.

Tanaman ini menyukai panas, sehingga Anda bisa meletakkannya di tempat yang terkena sinar matahari penuh.

4. Heliconia Psittacorum

Heliconia psittacorum merupakan salah satu jenis tanaman hias pisang-pisangan berbunga yang berasal dari Karibia dan Amerika Selatan.

Tanaman berbunga unik ini banyak di tanam di pinggir jalan maupun taman kota lantaran mampu menyerap polutan karbon monoksida.

Heliconia memiliki ciri berdaun panjang dan agak lebar dengan warna hijau gelap dan memiliki bunga yang menyerupai paruh burung berwarna oranye kekuningan dan merah.

Heliconia psittacorum menyukai mendapat sinar matahari dalam jumlah banyak untuk memekarkan bunganya. Hindari menyiram terlalu banyak agar akar tidak cepat busuk.

5. Heliconia Rostrata

Jenis tanaman hias pisang-pisangan berikutnya adalah Helicona Rostrata yang berasal dari Amerika tropis seperti Hawaii, Florida, dan Kosta Rika.

Helicona Rostrata memiliki ciri berdaun lonjong besar dan lebar seperti payung dengan batang tebal dan kokoh dan dapat tumbuh hingga ketinggian 4,6 meter.

Saat tumbuh Heliconia Rostrata memiliki bunga menyerupai capit udang dengan warna campuran merah dan kuning, mengutip The Spruce.

Heliconia menyukai cahaya matahari teduh agar dapat tumbuh dengan baik dan hindari menyiram terlalu banyak untuk mencegah pembusukan akar. Warna cokelat akan terlihat pada tepian daun jika tanaman tidak mendapat cukup air.(fm/cnn)