Beauty

[Beauty][bsummary]

Health

[Health][bsummary]

Fashion

[Fashion][bsummary]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

Celebrity

[Celebrity][bleft]

Parenting

[Parenting][bsummary]

Community

[Community][bsummary]

Enterpreuner

[Enterpreuner][twocolumns]

Culinary

[Culinary][bsummary]

Travelling

[Travelling][twocolumns]

Studi: Sweatband Tak Efektif Bakar Lemak Perut



FEMINIA-Banyak orang meyakini penggunaan sweatband dapat membakar lemak dan meratakan perut. Namun, para ahli menganggap sweatband tidak memberikan efek positif terhadap tubuh penggunanya.

Seperti dilansir Boldsky, para peneliti menyatakan bahwa penggunaan sweatband akan membuat penggunanya mengeluarkan lebih banyak keringat.

Dengan demikian, berat yang turun kemungkinan besar adalah berat air. Sayangnya, berat tersebut akan kembali ketika penggunanya minum banyak air setelah berolahraga.

Melihat temuan ini, para peneliti mengimbau publik untuk tidak menggunakan sweatband ketika berolahraga.

Beberapa hal menjadi pertimbangan, salah satunya adalah sweatband dinilai mempersulit menghilangkan lemak karena membuat penggunanya semakin sulit menggunakan otot perut dan membatasi jumlah kalori yang dibakar.

Sweatband juga akan membuat penggunanya kepanasan. Akhirnya, pengguna justru lebih sedikit olahraga.

Waist belt juga bisa membahayakan tubuh penggunanya karena mencegah penggunaan otot inti di daerah perut. Melakukan crunch dinilai lebih efektif untuk membentuk otot perut yang kuat dan stabil.

Pertimbangan lainnya adalah karena sweatband menekan lemak di daerah perut. Hal itu dinilai tidak sehat karena lemak tidak boleh dipadatkan dan seharusnya dihilangkan dari tubuh.

Lemak yang tidak sehat dapat menyebabkan hipertensi, stroke, dan penyakit lainnya.

Selain lemak, sweatband juga cenderung menekan pembuluh darah yang bisa mengganggu kelancaran sirkulasi darah di daerah perut.

Oleh sebab itu, peneliti menekankan sweatband tidak dapat membantu menghilangkan lemak di perut atau menurunkan berat badan. Penggunaan sweatband hanya memiliki efek sementara, bukan jangka panjang.

Tanpa diet serta olahraga yang tepat, sweatband pada dasarnya tidak baik untuk tubuh dan bisa menimbulkan efek buruk bagi penggunanya.

Namun, para ahli tetap menyatakan bahwa benda tersebut bisa digunakan sebagai alternatif untuk menguatkan perut.(mr/cnn)