Beauty

[Beauty][bsummary]

Health

[Health][bsummary]

Fashion

[Fashion][bsummary]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

Celebrity

[Celebrity][bleft]

Parenting

[Parenting][bsummary]

Community

[Community][bsummary]

Enterpreuner

[Enterpreuner][twocolumns]

Culinary

[Culinary][bsummary]

Travelling

[Travelling][twocolumns]

Tips Meracik Minuman dari Kurma Saat Ramadan



FEMINIA-Rasanya yang manis juga legit menjadikan kurma santapan yang pas untuk berbuka puasa. Tak hanya disantap langsung, buah satu ini juga bisa jadi minuman. Ada beberapa tip meramu minuman dari kurma.

Cake, kue, puding, roti, atau apapun bisa Anda buat termasuk minuman. Di bulan Ramadan yang sebentar lagi menjelang, Anda tentu bisa dengan mudah menemukan kurma. Namun ada beberapa tips agar minuman kurma Anda lebih nikmat dan tak membosankan.

1. Haluskan jadi pasta

Rasa manis kurma bisa menggantikan manis gula tambahan yang biasa Anda gunakan. Namun mencelupkan kurma begitu saja tidak akan membuat minuman jadi manis Anda. Anda perlu menghaluskannya menjadi pasta atau krim. Melansir dari Veggies Don't Bite, Anda cukup memisahkan daging kurma dan bijinya, lalu dihaluskan dengan blender atau food processor untuk pasta lebih halus. Campur sedikit air hingga memperoleh konsistensi yang diinginkan.

Pasta kurma ini bisa bertahan selama 6 bulan di dalam kulkas. Daya simpan akan lebih lama jika Anda meletakkannya di freezer.

Pasta kurma terbilang memiliki indeks glikemik lebih rendah daripada jenis gula lain sekitar 38-46 (tergantung jenis). Sedangkan sirup maple memiliki indeks glikemik 54, madu sebanyak 58, gula kelapa 54 dan gula tebu 65.

2. Perbandingan 1:1

Saat menggunakan pasta kurma sebagai pemanis, berapa banyak yang sebaiknya digunakan?

Sebaiknya gunakan rasio 1:1. Artinya, jika Anda biasa menambahkan satu sendok makan gula pasir, maka gantikan dengan satu sendok makan pasta kurma. Namun perlu diingat, rasa manis kurma lebih cenderung mirip karamel sehingga Anda perlu menyesuaikan jumlah pasta kurma yang digunakan. Kurma termasuk tinggi kalori (100 gram kurma mengandung sekitar 277 kalori), jadi lebih baik konsumsi secara moderat.

3. Campuran susu

Jika Anda kerap menemukan campuran susu, madu, jahe dan telur, kali ini Anda bisa mengolah susu kurma. Anda bisa saja menambahkan susu tawar dan pasta kurma untuk langkah lebih mudah. Hanya saja ini bakal membosankan.

Melansir dari Daily Hunt, untuk membuat susu kurma Anda hanya memerlukan 0,5 liter susu tawar dan 64 gram kurma yang sudah diambil bijinya dan rajang kecil-kecil.

Siapkan panci dan panaskan susu. Jelang mendidih, masukkan potongan kurma. Perlahan kecilkan api dan lihat perubahan warna pada air susu menjadi kecokelatan. Setelah sekitar 10-15 menit, kurma akan mengambang pada permukaan susu. Anda bisa menikmati susu sembari mengunyah potongan kurma.

Namun jika ingin yang lebih nikmat, ada satu tip meramu minuman dari kurma dari Executive Chef The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place, Sean Macdougall.

"Untuk mencampurkan kurma ke dalam minuman, sebaiknya direndam terlebih dahulu dengan susu secukupnya, di mana susunya sendiri akan digunakan untuk campuran tersebut," ungkap Sean dilansir CNNIndonesia.com.

"Hal Ini untuk melembutkan kurma dengan hasil tekstur yang halus. Susu yang digunakan juga harus diblender karena mengandung nutrisi kurma yang larut saat proses perendaman."