Beauty

[Beauty][bsummary]

Health

[Health][bsummary]

Fashion

[Fashion][bsummary]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

Celebrity

[Celebrity][bleft]

Parenting

[Parenting][bsummary]

Community

[Community][bsummary]

Enterpreuner

[Enterpreuner][twocolumns]

Culinary

[Culinary][bsummary]

Travelling

[Travelling][twocolumns]

Keindahan Pulau Um di Sorong Tak Kalah dengan Raja Ampat



FEMINIA-Pantai berpasir putih yang masih sepi pengunjung bukan satu-satunya daya tarik Pulau Um yang berada di Provinsi Papua Barat.

Saat datang ke sini, wisatawan bisa melihat aktivitas berbagai fauna, mulai dari burung camar hingga kelelawar. Bahkan kelelawar di sini sering terlihat terbang saat siang hari.

Pulau Um berada di Distrik Makbon, kota Sorong. Keindahan pulau ini tak kalah dengan Raja Ampat.

Walau namanya 'pulau' tapi kawasan bahari ini cukup mungil. Pemandu wisata mengatakan kalau pulau ini bisa dikelilingi hanya dengan waktu 15 menit.

Yosias, salah satu pemandu wisata di Pulau Um, juga mengatakan kalau kawasan bahari ini biasanya didatangi oleh wisatawan yang ingin snorkeling sampai diving.

Keindahan bawah laut Pulau Um memang masih sangat terjaga.

Pasalnya warga Kampung Malaumkarta yang bermukim di dekatnya menetapkan sistem sasi, alias larangan menangkap hewan laut tertentu di kawasan yang telah disepakati bersama, sehingga ekosistemnya sangat terjaga.

Berbicara mengenai kelelawar, uniknya mereka berhabitat di dahan pohon, bukan di gua seperti biasanya.

Baik burung camar dan kelelawar dipercaya warga menjaga pulau ini secara bergantian. Saat malam hari, kelelawar berterbangan, sementara saat siang hari gantiang burung camar yang beterbangan.

Mengutip ANTARA, Pulau Um bisa dikunjungi dengan naik kapal cepat dari Dermaga Pantai Makbon. Jarak dari kota Sorong ke sana sekitar 2-3 jam perjalanan.(mr/tar)