Beauty

[Beauty][bsummary]

Health

[Health][bsummary]

Fashion

[Fashion][bsummary]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

Celebrity

[Celebrity][bleft]

Parenting

[Parenting][bsummary]

Community

[Community][bsummary]

Enterpreuner

[Enterpreuner][twocolumns]

Culinary

[Culinary][bsummary]

Travelling

[Travelling][twocolumns]

Memilih Jenis Santan yang Pas untuk Masakan



FEMINIA-Kunci kenikmatan rendang ternyata bukan cuma pada pemilihan daging dan bumbu yang pas. Untuk membuat rendang yang nikmat, santan juga memegang peranan penuh.

Santan adalah sari kelapa yang didapatkan daging buah kelapa parut. Proses pembuatan santan biasanya menggunakan teknik peras dan saring. Sebelum diproses daging kelapa parut lebih dulu diremas-remas dengan air.

Jangan sembarangan pilih santan untuk memasak rendang. Salah-salah rasanya jadi kurang sedap. Tidak ini bukan soal merek santannya, tapi tipenya tergantung pada kekentalannya. Kekentalan ini tergantung dari berapa kali Anda melakukan memeras dan menyaringnya.

Ada tiga jenis santan berdasar kekentalannya yaitu santan kental, santan encer, dan instan. Bedanya bukan hanya pada kekentalan tapi juga kegunaannya.

Ada santan kental, santan encer dan santan instan. Selai teksturnya, ketiga jenis santan segar tersebut juga memiliki perbedaan pada kegunaannya. Berikut jenis santan yang cocok dipakai untuk membuat rendang.

Santan untuk rendang daging perlu dipilih dengan tepat agar rasa rendang daging gurih dan enak.

1. Santan Kental

Santan kental diolah dari buah kelapa tua yang masih segar. Setelah kulitnya yang berwarna cokelat dikupas, kelapa pun diparut sampai halus.

Setelah diparut, kelapa kemudian ditambah sedikit air kemudian diperas. Santan kental didapatkan dari hasil perasan pertama kelapa parut.

Perasan pertama itu menghasilkan santan dengan teksturnya yang sangat kental. Rasanya pun paling gurih dan lekat. Namun, santan kental ini mudah pecah saat dimasak, karenanya saat proses masak santan harus terus diaduk agar tidak pecah dan menggumpal.

Selain itu, santan kental ini juga memiliki karakteristik lainnya. Jika dimasak dalam waktu lama, santan bakal berubah menjadi minyak. Dengan karakteristik tersebut, ada beberapa jenis makanan yang cocok menggunakan santan kental adalah nasi uduk, nasi kuning, mango sticky rice.

2. Santan encer

Berbeda dengan santan kental,santan encer memiliki kandungan air yang lebih banyak. yang lebih sedikit.

Biasanya santan encer dihasilkan dari perasan ketiga. Jika dilihat dari cara memprosesnya, mungkin santan encer kurang praktis. Namun, penggunaan santan encer pada masakan dapat membuat rasanya lebih gurih dan sedap.

Jenis santan encer inilah yang cocok untuk membuat rendang.

3. Santan Instan

Santan instan merupakan salah satu alternatif buat Anda yang kesulitan untuk mendapatkan santan segar atau butuh cara yang lebih praktis.

Santan instan ini biasanya tersebut dari santa murni, hanya saja ada tambahan bahan agar santan tidak mudah pecah.

Santan instan memiliki tekstur yang lebih kental. Anda bisa menambahkan air untuk mencapai kekentalan yang diinginkan. Namun, ada juga santan instan kalengan yang teksturnya encer atau cair.

Santan instan ini lebih mudah dipakai karena hanya perlu menambahkan air. Jenis santan ini juga bisa dipakai untuk membuat rendang. Selain itu, bisa juga dipakai untuk membuat aneka kue dan opor.(mr/cnn)