Beauty

[Beauty][bsummary]

Health

[Health][bsummary]

Fashion

[Fashion][bsummary]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

Celebrity

[Celebrity][bleft]

Parenting

[Parenting][bsummary]

Community

[Community][bsummary]

Enterpreuner

[Enterpreuner][twocolumns]

Culinary

[Culinary][bsummary]

Travelling

[Travelling][twocolumns]

5 Masjid Fenomenal di Palestina Selain Al Aqsa

FEMINIA-Masjid Al Aqsa merupakan tempat suci bagi umat Islam karena menyimpan sejarah panjang perjalanan Nabi Muhammad ketika melaksanakan Isra dan Miraj, sekaligus sebagai pionir kiblat.

Selain Masjid Al Aqsa yang sarat akan nilai sejarah serta terkenal menjadi ikon wisata religi, deretan masjid yang ada di Palestina lainnya juga tidak kalah fenomenal.

Deretan masjid di Palestina hasil rangkuman berbagai sumber ini, mempunyai cerita tersendiri. Mulai dari saksi bisu kejamnya serangan Israel hingga simbol perdamaian umat beragama.


1. Masjid Agung Nablus

Masjid Agung Nablus berlokasi di kawasan Nablus, Palestina, adalah masjid berusia tua dan bentuknya cukup besar.

Sebelumnya, Masjid Agung Nablus ini berupa gereja Bizantium yang kemudian diubah menjadi masjid pada periode awal Islam.

Bangunan Masjid Agung Nablus memiliki denah lantai yang panjang namun sempit, berbentuk segi empat serta kubahnya berlapis perak.

2. Masjid Al Khadra

Masjid yang ada di Palestina ini masih terletak di Nablus yaitu Masjid Al Khadra yang didirikan sebagai tempat sejarah pasca Yakub diperlihatkan jubah Yusuf berlumuran darah.

Bahkan, di area Masjid Al Khadra itu terdapat sebuah ruangan kecil yang menurut sejarahnya pernah dijadikan tempat Yakub menangis pasca mengetahui bahwa Yusuf telah dianiaya.

Masjid Al Khadra berbentuk bangunan segi empat dengan tinggi menaranya sekitar 30 meter dan lebar 7,2 meter.

3. Masjid Omar

Bergeser ke kota tua Bethlehem, Palestina, di sana ada satu-satunya masjid kuno yang bisa Anda temui yaitu Masjid Omar sebagai simbol perdamaian antara umat Nasrani dan Muslim.

Area kompleks masjid ini semula dibangun oleh Konstantin Agung pada 330 M, kemudian pada 637, Palestina yang sedang dikuasai Romawi ini ditaklukan Pasukan Umar bin Khatab.

Tanah tempat Masjid Omar berdiri adalah pemberian Gereja Ortodoks Yunani. Sampai sekarang, gereja dan masjid tersebut masih berdiri kokoh berdampingan di Betlehem.

4. Masjid Agung Gaza

Masjid Agung Gaza atau dikenal sebagai Masjid Omari Raya, merupakan masjid tertua yang terletak di Jalur Gaza.

Mengurut ke sejarahnya, kawasan masjid sebelumnya digunakan untuk membangun gereja pada abad ke-5. Pasca ditaklukan umat Muslim di abad ke-7, situs tersebut didirikan masjid.

Masjid bergaya Gothic Italia ini berkali-kali dirombak setelah terkena gempa bumi sampai serangan bom Israel. Saat ini kondisinya pulih dan aktif digunakan jemaah untuk beribadah.

5. Masjid Al Qibli

Masjid Al Qibli adalah salah satu masjid yang berada di kompleks Al Aqsa, didirikan oleh khalifah Abdul Malik bin Marwan dari Bani Umayyah sekitar 86-96 Hijriah.

Selain Masjid Al Aqsa, Al Qibli juga sudah berulang selalu menjadi sasaran acak dari serangan Israel dan seringkali direnovasi, namun masih kokoh berdiri sampai sekarang.

Bangunan Al Qibli yaitu masjid yang ada di Palestina hanya memiliki satu kubah besar yang dilapisi timah dengan tinggi 17 meter dan 11 pintu masuk dengan kapasitas 5.500 jamaah.(m/cnn)