Beauty

[Beauty][bsummary]

Health

[Health][bsummary]

Fashion

[Fashion][bsummary]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

Celebrity

[Celebrity][bleft]

Parenting

[Parenting][bsummary]

Community

[Community][bsummary]

Enterpreuner

[Enterpreuner][twocolumns]

Culinary

[Culinary][bsummary]

Travelling

[Travelling][twocolumns]

Tips Merawat Tanaman Hias Zebra



FEMINIA-Tanaman hias zebra kini sedang naik daun. Terdapat sejumlah tips merawat tanaman hias zebra di rumah.

Seperti namanya, tanaman hias zebra merupakan julukan yang diberikan untuk tanaman hias dengan corak daun seperti zebra yakni memiliki garis-garis putih. Beberapa tanaman hias zebra yang populer diantaranya keladi zebra atau Caladium xanthosoma, Calathea, dan juga Aphelandra squarrosa. 

Aphelandra squarrosa merupakan tanaman hias tropis yang berasal dari Brasil. Biasanya, tanaman hias ini diletakkan di dalam ruangan karena daun zebranya yang cantik.

Tanaman hias zebra umumnya memiliki daun gelap dengan garis-garis menyerupai urat. Saat tumbuh dewasa tingginya bisa mencapai 60 sentimeter.

Seperti kebanyakan tumbuhan tropis lainnya, merawat tanaman hias zebra memiliki tantangan tersendiri. Tanaman ini membutuhkan kelembapan, kehangatan, dan nutrisi yang cukup.

Berikut lima tips merawat tanaman hias zebra di rumah

1. Jauhkan dari cahaya matahari langsung

Sinar matahari langsung yang terik dan terlalu lama bisa membuat daun tanaman hias zebra menjadi hangus. Namun, jangan sampai tanaman zebra tidak mendapatkan sinar matahari sama sekali karena dapat membuat tanaman tidak jadi mekar.

Tanaman hias zebra akan tumbuh dengan subur saat mendapatkan cahaya yang tidak langsung. Sama halnya seperti habitat aslinya yang tumbuh di bawah pohon di hutan tropis.

2. Tanah yang netral

Tanaman hias zebra akan tumbuh dengan baik dengan tanah yang memiliki pH netral hingga asam. Tanah juga bisa dicampur dengan sedikit pasar untuk membuat air mengalir dengan baik. Beri pula pupuk setiap satu hingga dua minggu sekali selama musim kemarau.

3. Penyiraman

Tanaman hias Zebra menyukai tanah yang lembap. Oleh karena itu, siram dengan rutin untuk memastikan tanah lembap. Sirami tanaman zebra setiap beberapa minggu saat tanahnya mengering. Biarkan air benar-benar menembus tanah sampai keluar dari lubang drainase bawah pot.

Hindari pula memberikan tanaman hias zebra terlalu banyak air karena dapat membuat daunnya layu.

4. Suhu dan kelembapan

Tanaman hias zebra berasal dari iklim tropis sehingga paling baik tumbuh di suhu sedang.Pastikan tempat tumbuh tanaman zebra memiliki suhu di atas 15 derajat Celsius. Hindari menanam tanaman hias zebra pada suhu di bawah 12 derajat Celsius.

Kelembapan juga sangat penting untuk tanaman ini. Jaga kelembapan ruangan pada 60 hingga 70 persen.

5. Beri pupuk

Penggunaan pupuk sangat bermanfaat bagi tanaman hias zebra ini. Pupuk bisa membuat tanaman hias zebra berbunga.

Dikutip dari The Spruce, tanaman hias zebra harus diberi pupuk setiap satu atau dua minggu sekali. Gunakan pupuk yang cocok untuk dedaunan dan bunga.

Itulah tips merawat tanaman hias zebra di rumah. Anda bisa menerapkan tips ini agar tanaman hias zebra tumbuh dan mekar dengan cantik.(fm/cnn)