Beauty

[Beauty][bsummary]

Health

[Health][bsummary]

Fashion

[Fashion][bsummary]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

Celebrity

[Celebrity][bleft]

Parenting

[Parenting][bsummary]

Community

[Community][bsummary]

Enterpreuner

[Enterpreuner][twocolumns]

Culinary

[Culinary][bsummary]

Travelling

[Travelling][twocolumns]

Mengunjungi Rumah Baru Mumi Mesir



FEMINIA-Museum Nasional Peradaban Mesir telah resmi dibuka untuk umum sejak Senin (5/4).

Fasilitas itu dibuka sehari setelah prosesi pemindahan dengan kendaraan hias membawa 22 mumi kerajaan Mesir melalui ibu kota ke "tempat peristirahatan" baru mereka di museum.

"Mengapa disebut museum peradaban karena yang terpenting di sini adalah konsep peradaban, bukan waktu atau jaman tertentu," kata Asmaa Said, salah satu kurator di Museum Nasional Peradaban Mesir, seperti yang dikutip dari Africa News pada Selasa (6/4).

"Setiap etalase menceritakan sebuah cerita atau konsep peradaban yang berbeda. Kami menghubungkan semua peradaban di sini," lanjutnya.

Museum Nasional Peradaban Mesir di distrik Fustat di Kairo Lama, terdiri dari bangunan ramping bertingkat rendah dengan piramida di tengah lahan yang luas.

Mumi akan menjalani restorasi laboratorium selama 15 hari sebelum dipamerkan satu per satu di rumah baru mereka.

"(The Mummies Hall yang akan menampung mumi-mumi kerajaan) akan dirancang agar pengunjung merasa seperti berada di kuburan sungguhan, bahkan tulisan di langit-langitnya sama dengan yang ada di makam aslinya," kata Ahmed Ghoneim, Kepala kurator Museum Nasional Peradaban Mesir.

"Kami tidak hanya akan memajang mumi-mumi tersebut, tetapi di belakang setiap mumi kami akan menampilkan semua artefak yang relevan, peti mati, dan cetakan sinar-X yang menunjukkan apakah ada cerita di balik kematian raja itu," lanjutnya.

Dalam beberapa bulan mendatang, negara Afrika utara diharapkan untuk meresmikan pameran baru lainnya, yakni Museum Mesir Agung, yang berlokasi di dekat piramida Giza.

Bangunan baru itu juga akan menampung artefak raja-raja zaman kerajaan kuno Mesir, termasuk dari Tutankhamun.(mr/cnn)