Beauty

[Beauty][bsummary]

Health

[Health][bsummary]

Fashion

[Fashion][bsummary]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

Celebrity

[Celebrity][bleft]

Parenting

[Parenting][bsummary]

Community

[Community][bsummary]

Enterpreuner

[Enterpreuner][twocolumns]

Culinary

[Culinary][bsummary]

Travelling

[Travelling][twocolumns]

8 Tanda untuk Pastikan Kehamilan



FEMINIA-Bagi pasangan suami istri, kehamilan adalah sesuatu yang sangat ditunggu. Kenali sejumlah tanda kehamilan yang perlu diketahui.

Haid yang datang terlambat jadi salah satu tanda kehamilan yang paling khas. Namun, di luar itu, masih banyak gejala-gejala lain yang dikeluarkan tubuh saat hamil.

Perlu diketahui, tanda kehamilan pada setiap perempuan mungkin akan saling berbeda satu sama lain.

Berikut tanda-tanda kehamilan yang perlu diketahui.

1. Amenorrhea

Amenorrhea merupakan tidak keluarnya darah haid sesuai siklus. Selain menjadi salah satu tanda kehamilan, amenorrhea juga menjadi gejala penyakit lain seperti sindrom polikistik ovarium.

2. Spotting

Spotting atau kemunculan flek merupakan tanda kehamilan. Flek muncul akibat embrio yang baru terbentuk menempel di dinding rahim.

3. Morning sick

Morning sick juga menjadi tanda kehamilan yang paling umum. Kondisi ini umumnya memicu gejala mual dan muntah di pagi hari. Sekitar 80 persen ibu hamil mengalami morning sick di trimester awal kehamilan.

4. Payudara kencang

Payudara kencang terjadi akibat perubahan hormon saat masa kehamilan.

5. Perubahan warna pada areolar

Area areolar akan mengalami perubahan menjadi hitam pada masa kehamilan yang disertai dengan pembesaran jaringan. Kondisi ini disebabkan oleh peningkatan hormon estrogen dan progesteron selama masa kehamilan.

6. Garis hitam dari pusar ke kemaluan

Garis hitam yang melintang dari pusar hingga tulang kemaluan disebut juga sebagai linea nigra. Sama seperti lainnya, garis ini muncul akibat peningkatan hormon progesteron.

7. Bunyi jantung janin

Bunyi jantung janin menjadi tanda bahwa kehamilan berkembang dengan baik. Biasanya, bunyi jantung janin terdengar dari pemeriksaan USG pada usia kehamilan 8 minggu.

8. Gerak janin

Sebanyak 80 persen ibu hamil akan merasakan adanya janin yang bergerak pada usia kehamilan 16 minggu. Janin akan kian bergerak seiring bertambahnya usia kehamilan.(mr/cnn)