Beauty

[Beauty][bsummary]

Health

[Health][bsummary]

Fashion

[Fashion][bsummary]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

Celebrity

[Celebrity][bleft]

Parenting

[Parenting][bsummary]

Community

[Community][bsummary]

Enterpreuner

[Enterpreuner][twocolumns]

Culinary

[Culinary][bsummary]

Travelling

[Travelling][twocolumns]

5 Teh yang Direkomendasikan untuk Redakan Sembelit



FEMINIA-Konstipasi atau sembelit membuat aktivitas buang air besar jadi tidak nyaman. Sebagian orang merasakan feses yang keluar keras, kering dan bahkan sulit dikeluarkan. Ada pula yang mengalami sembelit saat buang air besar kurang dari tiga kali seminggu.

Teh herbal bisa membantu masalah sembelit baik secara langsung maupun tidak langsung. Faktanya, konsumsi minuman hangat jadi cara jitu untuk menambahkan lebih banyak asupan air buat tubuh.

Selain itu, tubuh yang terhidrasi dengan baik merupakan cara alami untuk meredakan sembelit.

Berikut beberapa jenis teh yang direkomendasikan untuk meredakan sembelit, dikutip dari berbagai sumber.

1. Teh senna

Daun senna banyak digunakan untuk mengatasi sembelit. Dikutip dari Alodokter, daun senna mengandung sennosides yang memiliki efek laksatif. Daun senna bisa dikonsumsi dalam bentuk teh dan cukup diseduh dengan air panas.

"Senna memiliki efek pada otot usus besar dengan menstimulasi kontraksi yang bisa berguna untuk meredakan sembelit," jelas William Chey, profesor ilmu gastroenterologi dan nutrisi di Michigan Medicine, dikutip dari Livestrong.

Umumnya, senna akan merangsang pergerakan usus dalam 6-12 jam, sebaiknya Anda minum teh senna malam hari sebelum tidur sehingga akan mendorong buang air besar keesokan paginya.

2. Teh hitam dan teh hijau

Kafein membantu merangsang pergerakan usus. Selain kopi, konsumsi teh hitam dan teh hijau akan memiliki dampak serupa.

Dikutip dari Mayo Clinic, seduhan teh hitam mengandung kafein cukup tinggi yakni 47 miligram kafein dalam 236 mililiter teh. Sedangkan dalam volume yang sama, teh hijau memberikan 28 miligram kafein. Kandungan kafein keduanya mungkin kalah dengan kopi tetapi terbilang aman untuk orang yang memiliki toleransi kafein rendah.

Di samping meredakan sembelit, teh hitam maupun teh hijau akan memberikan manfaat lebih yakni flavonoid untuk memerangi inflamasi dan mendukung sistem imun.

3. Teh chamomile

Teh chamomile memiliki efek menenangkan sehingga kerap diandalkan saat stres dan cemas melanda. Rupanya teh satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan sembelit. Dilansir dari Medical News Today, secangkir teh chamomile setelah makan atau di penghujung hari akan membantu membuat otot usus rileks dan mempercepat waktu antara makan dan pergerakan usus.

4. Teh jahe

Sembelit tak jarang membuat perut terasa penuh dan tidak nyaman. Teh jahe akan membantu pencernaan setelah Anda makan berat. 1-2 cangkir per hari setelah makan akan membantu memproses makanan dan merangsang pergerakan usus. Teh jahe pun bisa meredakan iritasi pada sistem pencernaan. Anda pun bisa memperoleh beberapa manfaat dalam secangkir teh jahe.

5. Teh peppermint

Saat badan kurang fit, hidung tersumbat hingga demam, teh peppermint mampu memberikan rasa nyaman dan melegakan pernapasan. Ternyata teh ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah pencernaan.

Efek menyejukkan dari kandungan mentolnya akan membuat perut rileks sementara menggerakkan sisa makanan di usus. Secangkir teh peppermint setelah makan akan berguna untuk orang yang mengalami sembelit dan rasa tidak nyaman pada perut.(fm/cnn)