Beauty

[Beauty][bsummary]

Health

[Health][bsummary]

Fashion

[Fashion][bsummary]

Lifestyle

[Lifestyle][twocolumns]

Celebrity

[Celebrity][bleft]

Parenting

[Parenting][bsummary]

Community

[Community][bsummary]

Enterpreuner

[Enterpreuner][twocolumns]

Culinary

[Culinary][bsummary]

Travelling

[Travelling][twocolumns]

5 Cara Olah Pisang yang Terlalu Matang


FEMINIA-Saat pisang sudah terlalu lama disimpan, warna kulitnya jadi kurang cerah dan teksturnya lembek. Ada beberapa trik yang bisa Anda ikuti untuk mengolah pisang yang sudah terlalu matang.

Tekstur lembek pada pisang yang terlalu matang kerap mengurangi selera, terlebih jika ingin dikonsumsi langsung atau digoreng. Namun, bukan berarti Anda harus menyerah dan merelakan pisang dibuang begitu saja.

Pisang yang sudah matang tetap bisa dikonsumsi dan mengandung nilai-nilai gizi penting. Mengutip dari Super Healthy Kids, pisang yang matang mengandung potasium, protein, karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral lain.

Berikut beberapa kreasi olahan pisang yang sudah terlalu matang.

1. Roti dan muffin

Pisang yang matang akan memberikan rasa manis sekaligus tekstur lembut pada roti maupun muffin. Selain itu, penggunaan pisang akan mengurangi penggunaan lemak seperti butter atau margarin.

Selain itu, Anda bisa berkreasi dengan tepung gandum. Tepung terigu biasa yang digunakan pada roti atau muffin, sebagian bisa diganti dengan tepung gandum untuk menambah serat.

2. Smoothie dan milkshake

Mengutip dari The Kitchn, pisang yang sudah terlalu matang bisa diolah jadi smoothie dan milkshake. Rasa manis dan tekstur 'creamy' pisang menambah nikmat smoothie dan milkshake.

Karena pisang sudah memberikan rasa manis, Anda bisa menambahkan komponen lain untuk menyeimbangkan rasa seperti yogurt tawar, potongan stroberi, biji chia, dan nanas.

3. Pancake

Daripada membuat pancake dengan tepung instan, lebih baik beralih ke opsi pancake sehat dari pisang. Manfaatkan pisang yang sudah lama disimpan dan oat untuk menambah nutrisi dan tekstur.

Untuk satu buah pisang berukuran sedang, Anda akan memerlukan 3 sdm oat dan 2 butir telur. Karena pisang sudah manis, Anda tidak perlu menambahkan pemanis atau topping lagi.

4. Sereal sarapan

Oatmeal jadi menu ideal untuk sarapan. Namun, tekstur dan rasanya yang hambar kerap membuat kurang nafsu makan. Coba tambahkan pisang yang sudah matang.

Caranya, hancurkan pisang dengan garpu lalu campurkan ke dalam semangkuk oatmeal hangat. Untuk menambah rasa dan aroma, tambahkan bubuk kayu manis dan potongan kacang almond.

5. Es krim

Kudapan manis dan dingin satu ini memang pas dinikmati di siang hari. Anda pun bisa membuatnya sendiri dengan pisang yang sudah matang.

Pisang cukup dikupas dan disimpan di freezer semalam suntuk. Keesokan harinya, blender atau gunakan food processor untuk menghaluskan pisang beku. Setelah halus, es krim pisang bisa langsung dinikmati tanpa perlu menambahkan gula atau pemanis.[fm/cnn]